Pages

Kamis, 19 November 2015

MIND MAPPING

Sejauh ini jika ingin menulis, saya tak terlalu pusing dengan alur sebuah tema tulisan. Ada ide, langsung eksekusi. Biasanya 'ngalir' aja tuh tulisan. Tak salah, tapi tak sepenuhnya benar ^^

Rabu malam (kalo di Medan sih bilangnya malam Kamis ^^) dapat materi tentang TEMA dalam menulis. kesentil juga nih saya .......
Tema yang jelas terlihat dengan alurnya yang jelas pula. Begitulah kesimpulan saya. Nah tema ini dijabarkan dalam bentuk MIND MAPPING. Peta Pemikiran, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Atau biasanya kita lebih akrab menyebut dengan Kerangka Karangan.

Mencoba untuk membuat Mind Mapping, maka dibawah ini merupakan contoh yang saya buat. Ide diambil dari aktifitas keseharian saya, yang saban pagi mengabdikan diri sebagai guru. 

   
Jadi, bentuk Daftar Isi dari Tema diatas dapat ditulis :
BELAJAR ASIK...!!
1. Defenisi dari belajar
2. Tujuan belajar
3. Menciptakan suasana belajar yang nyaman
4. Guru dan murid saling mengeditifikasi 
5. Belajar dengan happy

Membiasakan membuat Mind Mapping sebelum memulai menulis, tentu memudahkan kita untuk mengatur alur cerita. Diawal mungkin terasa ribet. Ya.... ribet karena kita belum terbiasa. 
"Ala bisa karena biasa..."
Begitulah pribahasa yang sering kita dengar.


Last....
Mind Mapping = GPS 

Salam Komunitas Menulis Online ^^

3 komentar:

  1. Wah keren nih. Emang bener ya kekuatan tulisan salah satunya ya adanya mapping yg jelas, jadi gak ngalor ngidul gak karuan. Mantaaap om!

    BalasHapus
  2. Wah keren nih. Emang bener ya kekuatan tulisan salah satunya ya adanya mapping yg jelas, jadi gak ngalor ngidul gak karuan. Mantaaap om!

    BalasHapus
  3. Uhuuyy.... Makasih Mak Dini. Jadi tambah semangat nih corat-coret lepi :D

    BalasHapus